Cara Orang Indonesia Hadapi Corona: Bawang Putih dan Obat dari NTT 

Cara Orang Indonesia Hadapi Corona: Bawang Putih dan Obat dari NTT 

CELOTEH RIAU.COM--- Belum ada obat dan vaksin untuk mengobati corona membuat banyak pasien corona mencari jalan sendiri untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan.

Salah seorang pasien sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, mengaku memiliki cara tersendiri untuk sembuh dari Covid-19, salah satunya dengan mengonsumsi bawang putih panggang.

"Karena Covid-19 belum ada obat sama vaksinnya, jadi saya memakai cara sendiri saja belajar otodidak dan alhamdulillah pengalaman pribadi saya hanya 16 hari diisolasi di Rumah Sakit dan dinyatakan sembuh," katanya seorang pasien sembuh Covid-19 dalam akun instagram pribadinya, dikutip dari Antara.

Selain mengonsumsi bawang putih panggang, dia juga banyak mengonsumsi air lemon, suplemen vitamin C, vitamin B, air madu, berjemur, dan olahraga ringan dari dalam ruang isolasi.

"Bawang putih cukup dua siung dipanggang tidak usah sampai hangus cukup taruh di atas teflon aja sampai lemah (layu), abis itu dikunyah rasanya manis, habis itu minum madu di air segelas," ujarnya.

"Dan alhamdulillah hasil swab keempat dan kelima aku negatif. Karena sehari sebelum saya tes swab saya mengonsumsi bawang putih sebelum tidur dan hasil swab aku negatif kedua-duanya," kata dia.

Bawang putih sendiri sebenarnya baik untuk kesehatan karena mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Salah satu bumbu dapur ini bisa meningkatkan kerja sel darah putih untuk memerangi virus penyebab batuk dan pilek.

Mengutip Alodokter, konsumsi rutin bawang putih juga dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol dan lemak darah, menurunkan risiko hipertensi dan kardiovaskular. Namun yang perlu diingat, sampai saat ini belum ada bukti klinis bahwa bawang putih terbukti bisa mengobati atau mencegah infeksi virus corona.


Obat corona dari NTT 

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengklaim telah menemukan obat tradisional untuk mengobati virus corona.

"Pemerintah NTT telah mengirim ramuan obat tradisional itu kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo guna membantu menyembuhkan pasien positif COVID-19," kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, dikutip dari Antara.

Viktor menyebutkan ramuan yang diklaim mampu menyembuhkan virus Corona baru itu merupakan obat tradisional. Obat ini juga sering digunakan warga NTT dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang dialami warga.

Hanya saja dia tak menyebutkan bahan atau nama ramuan obat tradisional yang dimaksud.

"NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk Covid-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien Covid-19," ucapnya.

Eucalyptus

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengungkapkan ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari obat virus corona.

Pemerintah tengah mengembangkan pelbagai produk antivirus berbahan dasar eucalyptus yang diklaim berpotensi menangkal virus corona penyebab Covid-19. Saat ini proses pengujian tengah dilakukan tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan ide membuat rangkaian produk itu bermula dari hasil uji laboratorium para peneliti pertanian. Pengujian eucalyptus terhadap virus influenza, Virus Beta dan Gamma Corona menunjukkan kemampuan membunuh virus sebesar 80-100 persen.

"Balitbangtan membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan diffuser," terang Mentan Yasin Limpo seperti dikutip Antara.

"Kami akan terus kembangkan dengan target utamanya korban terpapar Covid-19," lanjut dia lagi.

 

#kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index